BAB 1 Latar Belakang Masalah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

E-commerce bukan sesuatu hal yang asing bagi kalangan dunia bisnis berbasis komputerisasi dan web. Banyak ilmu yang mempelajari seluk beluk perdagangan disana. Mulai dari penjualan barang hingga penjualan jasa dan di dalam suatu pembelajaran dalam system suatu pemudahan dalam transaksi.Seiring dengan ilmu dan teknologi yang semakin berkembang, E-commerce merupakan salah satu hal yang sangat penting peranannya, karena dengan E-commerce tersebut berisi tentang perkembangan transaksi,pengolahan barang,pengenalan system penjualan dan pembelian barang atau jasa.E-commerce peranannya sangat vital dikalangan dunia bisnis berbasis computer dan web.Hal ini disebabkan karena E-commerce dapat membantu dalam pemecahan masalah terhadap proses kerja ,proses transaksi antara penjual dan pembeli dapat menghemat waktu,menghubungkan jarak yang terbilang jauh.seperti perkembangan komputer, dalam transaksi terjadi perkembangan juga karena adanya E-commerce.

Didalam bertransaksi atau berbisnis yang sudah alami,banyak pokok masalah yang akan saya jadikan bahasan dan sangat cocok menggunakan E-commerce dalam pemecahan masalah.Seperti contoh pelayanan pada pejualan barang spare part motor yang melayani grosir maupun perorangan dalam waktu yang terbatas tapi dalam ruang lingkup yang luas,yang dapat melayani pemesanan dari luar kota ataupun pembayaran yang bisa dilakukan secara online.Manfaat dari pembelajaran berbentuk E-commerce adalah agar penjual dapat mengefektikan waktu, tempat, sarana, dan tanpa harus bertatapan langsung dengan pembeli,ataupun sebaliknya.Bila dari konsumen atau pelanggan dilihat dari segi waktu,dapat memesan barang pada saat kapanpun mereka inginkan,dari penjual sendiri dapat melihat jumlah pemesanan barang pada saat itu juga tanpa harus selalu menunggu pembeli datang ke toko.Dari tempat dilihat dari pembeli atau konsumen yang berada cukup jauh dari toko tidak harus datang langsung,dapat memesan dan barang akan diantar melalui jasa pengiriman dengan ketentuan yang ditetapkan.

Sarana yang akan dirasakan oleh konsumen yang mungkin dari toko-toko kecil akan merasakan keuntungan bila ada salesman yang rutin dan tepat waktu untuk melayani pembelian,pengiriman dan juga pembayaran.Saya pun berharap dapat mempercepat pelayanan ke pelanggan dan pelayanan lebih responsive dengan pemesanan langsung dan tersedianya tagihan.Kendala yang dialami oleh para penjual dan pembeli seperti waktu,jarak,tempat seperti itu lah yang ingin saya coba atasi dengan membuat Penulisan Ilmiah tentang E-commerce.

1.2 Batasan Masalah

Didalam batasan maslah ini penulis hanya membatasi pemesanan barang,pembelian barang hingga pembayaran barang.

1.3 Tujuan Penulisan

Di dalam penulisan ilmiah ini bertujuan untuk membuat E-commerce Penjualan Spare Part Motor ini dapat membuat masyarakat dapat mengatasi hambatan dalam proses berbisnis dimana saja dan kapan saja.

1.4 Metode Penelitian

Didalam penyusunan pembuatan E-commerce ini, penulis mendapatkan informasi – informasi dalam pembuatan E-commerce ini dari studi pustaka, yaitu dengan mencari bahan referensi dari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan ini. Pembuatan website E-commerce ini dimulai dengan membuat tampilan dan kodenya di dalam editor.

Tahap-tahap yang dilakukan untuk membuat website ini adalah :

1. Mencari permasalan untuk dijadikan latar belakang.

2. Melakukan perancangan dan pembuatan situs dengan membuat tampilan dengan menggunakan teknik navigasi.

3. Merancang tampilan halaman E-commerce.

4. Merancang Database E-commerce Penjualan Spare Part Motor.

5. Mempersiapkan Hardware dan Software yang akan digunakan dalam pembuatan website E-commerce Penjualan Spare Part Motor dan penggabungan dengan XAMPP.

6. Pembuatan program.

7. Implementasi.

8.

Hardware yang digunakan adalah:

· AMD Athlon II X2 255 Dual Core, 3.1GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3.

· Memory 1.5 GB DDR2

· Harddisk 160 GB

· 15.6 IBM E54

· NVIDIA Graphics

Software yang digunakan adalah :

· System Operasi Windows XP

· XAMPP 1.7

· Macromedia Dreamweaver 8

· Mozilla Firefox

  • PHP & My SQL

1.5. Sistematika Penulisan

Dalam sistematika penulisan ilmiah ini terdiri dari beberapa bab yang berguna untuk mengetahui informasi yang akan dibahas di setiap babnya.

Bab I Pendahuluan

Bab ini mengupas tentang pendahuluan yang menggambarkan latar belakang, batasan masalah, tujuan, metode penelitian dan sistematika dari penulisan.

Bab 2 Landasan Teori

Bab ini mengupas tentang landasan teori dari keseluruhan penulisan yang berisikan tentang pembahasan di dalam Pembuatan E-commerce Penjualan Spare Part Motor Menggunakan PHP Dan MYSQL

Bab 3 Perancangan dan Implementasi

Pada bab ini berisikan tentang penerapan atau implementasi teori dan membahas tentang berbagai spesifikasi untuk peralatan pendukung dalam proses pembuatan E-commerce seperti : hardware dan software, serta akan dibahas tentang cara memanfaatkan E-commerce ini.

Bab 4 Penutup

Bab ini adalah bab terakhir dari Penulisan Ilmiah mengenai E-commerce yang dibuat. Pada bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran Penulisan Ilmiah.